Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Selasa, 01 Oktober 2013



Oleh: Rosyida Saputri
Mahasiswi FKIP Universitas Sebelas Maret


Bagi sebagian orang, belajar bahasa mungkin sesuatu yang membosankan, termasuk belajar bahasa inggris. Hal itu dikarenakan kurang bervariasinya metode yang kita gunakan untuk belajar.  Sebenarnya belajar itu sendiri adalah proses mendapatkan ilmu, baik dari buku, media lain maupun dari pengalaman kita sendiri. Jadi, buku merupakan salah satu referensi kita untuk belajar dan bukan satu-satunya cara kita untuk belajar. 


Berikut adalah beberapa cara belajar yang cukup efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris:

1.       Diskusi


Ketika kita berdiskusi, pasti akan banyak muncul sesuatu yang baru karena pasti setiap orang tidak memiliki pengetahuan yang benar-benar sama, dalam artian ketika kita mengetahui bahwa A itu memiliki arti yang berbeda jika di pasangkan dengan kata lain, belum tentu yang lain tahu dan begitu juga sebaliknya. Dari sana kita akan mulai kritis dan mendapatkan banyak pengetahuan yang baru.


2.       Melalui lagu, novel, komik atau film


Mendengarkan lagu, menonton film, dan membaca komik dan novel tak selalu merupakan hal yang negatif. Ketika kita tidak paham pada apa yang kita baca, dengar, dan tonton, tentu kita akan mencari tahu makna dari kata-kata yang tidak kita pahami itu, baca, dan tonton. Namun bagi yang hanya mendengarkan lagu karena lagu itu terdengar keren, cobalah ubah kebiasaan itu, cobalah untuk mencari tahu sehingga apa yang kita lakukan juga menjadi sesuatu yang bermanfaat bukan hanya membuang-buang waktu. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menambah kosakata bahasa inggris kita.


3.        Pembiasaan


Gunakan bahasa inggris kapan saja dan dimana saja. Walaupun kita belum lancar  dan masih menggunakan bahasa gado-gado (campuran Indonesia-Inggris), namun hal ini bisa meningkatkan kepercayaan diri kita untuk berbicara bahasa inggris.


Semoga bermanfaat!
 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMK Murni 1 Surakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger