Dengan mempelajari Microsoft Excel, kita bakal menemukan fungsi - fungsi yang memungkinkan kita untuk melakukan operasi penghitungan yang sederhana hingga yang paling rumit sekalipun
Fungsi atau rumus tersebut sebenarnya untuk mempermudah kita dalam mengerjakan penghitungan. Dan semenjak pertama penulis mengenal rumus - rumus excel, penulis sudah menyebut excel dengan pemrograman mikro, meski tidak seperti Visual Basic Net tapi secara pengerjaan logika ya mirip - mirip dikitlah..
kayaknya sih, soalnya penulis juga tidak tahu VB net. hehe..
Oke.. setelah kita mempelajari rumus SUM pada Excel sekarang kita lanjut pada rumus yang lain.
Fungsi atau rumus tersebut sebenarnya untuk mempermudah kita dalam mengerjakan penghitungan. Dan semenjak pertama penulis mengenal rumus - rumus excel, penulis sudah menyebut excel dengan pemrograman mikro, meski tidak seperti Visual Basic Net tapi secara pengerjaan logika ya mirip - mirip dikitlah..
kayaknya sih, soalnya penulis juga tidak tahu VB net. hehe..
Oke.. setelah kita mempelajari rumus SUM pada Excel sekarang kita lanjut pada rumus yang lain.
Rumus atau fungsi yang akan kita
bahas adalah fungsi Average
Kita mulai pembahasannya
Average
Dari segi bahasa, Average adalah rata - rata, jadi sudah pasti jika rumus ini dipergunakan untuk menghitung suatu rata-rata, atau dalam bahasa keren versi Matematika adalah Mean. Kalian pasti tahu semua rumus rata-rata adalah :.
Rata - Rata = Jumlah seluruh data
banyak data
jadi fungsi Average ini akan secara otomatis menggunakan rumus mean untuk menghitung rata-rata.
syntax :
=average(angka 1, angka 2, angka 3, ....)
angka 1 dan seterusnya adalah cell yang berisi dengan angka yang akan kita hitung rata - ratanya.
sebetulnya caranya hampir sama dengan rumus SUM, hanya perintah SUM kita ganti dengan Average
sebagai contoh, perharikan tabel berikut:
kita akan menghitung nilai rata - rata dari semua siswa.
Letakkan pointer di cell G4, kita tuliskan rumus average di situ
ingat, dalam kasus ini kita cukup menulis =average(
setelah itu, kita blok angka - angka atau nilai - nilai yang akan kita rata - rata, dalam hal ini adalah cell C4,D4,E4, dan F4.
letakkan pointer di cell C4, lalu kita drag (klik tahan), kita tarik menuju cell F4
lalu kita berikan tanda kurung tutup ")"
kemudian kita tekan tombol enter untuk mengetahui hasilnya
Ulangi langkah ini untuk menghitung nilai rata - rata untuk Brian, Ratna, Cintya dan Roni.. Oke..
mudahkah..
Tips:
Contoh di atas berisikan 5 data siswa dimana semua nilai harus di rata - rata per siswa.
tapi bagaimana jika data kita ada 300 siswa bahkan lebih?
Mudah koq..
kita klik pada cell G4, di mana tadi kita sudah menghitung rata-rata siswa bernama Ardian.
Perhatikan dengan seksama daerah yang sudah kita pilih. Perhatikan pada pointer.
Pointer Excel berbentuk persegi panjang dengan 4 sudut, tapi ada 1 sudut yang diberi tanda titik yang lebih besar.
Klik tepat pada titik tersebut.
kemudian kita drag (klik tahan), lalu kita tarik menuju cell G8.
dan apa yang terjadi?
Betul.. semua nilai rata - rata siswa sudah terisi secara otomatis
Trik tersebut dalam kasus ini gunanya untuk mengkopi sebuah rumus secara otomatis,
tapi sebenarnya tidak hanya untuk rumus, kita juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat nomor urut secara otomatis, atau menulis nama - nama bulan dalam satu tahun secara urut (dengan cacatan menggunakan bahasa inggris, January, February, March, April, June, dst)
Yup.. sekian dulu ya..
Nanti kita lanjut pada artikel selanjutnya
semoga bermanfaat.
Luluk Bayu Dwi Prasetyo
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !