Penggabungan Rumus Excel

Selasa, 24 September 2013



Rumus - rumus Excel sebenarnya bisa dikembangkan atau digunakan untuk kasus yang sedikit lebih rumit, yang dibutuhkan hanya jeli dalam membaca kasus dan sedikit menggunakan logika dalam mengerjakannya.
Tidak sedikit bagi siswa yang menganggap Excel adalah momok dari office, padahal jika kita mempelajari dengan tekun dan sabar, sebenarnya Excel itu mengasyikkan.

Sekarang kita mulai saja dengan kasus yang sedikit kompleks sebagai berikut.
 







(klik untuk memperbesar gambar)



 

Dari tabel di atas kita akan mengerjakan sebuah penghitungan nilai akhir siswa dari satu mata pelajaran. 

Catatan: Model Penghitungan ini bukanlah Sistem Penghitungan Nilai Akhir yang sebenarnya di sekolah, model ini hanya dipergunakan untuk mempelajari penggunaan Rumus Excel saja.

Aturan Main:
Dari  tabel sudah di dapatkan nilai ulangan harian dari ulangan pertama sampai ulangan yang ke lima. Lalu kita juga sudah mendapatkan hasil Nilai Ujian siswa.

  • Dalam kasus ini guru tersebut mempunyai kebijakan demi menunjang nilai siswa, kebijakan tersebut adalah jika rata-rata nilai harian kurang dari 7.5, maka siswa harus menempuh remidi.
  • Dan bagi yang mendapat remidi, maka di kolom Keterangan tertulis kata “REMIDI”, dan pada kolom Remidi akan tertulis angka 0 yang nantinya akan diisi manual.
  • Sedang yang tidak mendapat remidi, maka di kolom Keterangan tertulis tanda “-“, dan pada kolom Remidi juga tertulis tanda “-“
  • Untuk Nilai Akhir, jika siswa tersebut tidak remidi, maka Nilai Akhir di dapat dari (rata – rata harian + Nilai Ujian)/2
  • Dan jika siswa tersebut menempuh remidi, maka Nilai Akhir di dapat dari (Remidi+Nilai Ujian)/2


Kita tidak menggunakan rumus untuk per siswa, tapi kita akan menggunakan satu rumus untuk menghitung nilai tiap kolom dari satu siswa yang nantinya kita bisa mengcopykan rumus tersebut ke siswa berikutnya tanpa harus menulis ulang rumus.

Ada yang Tahu?

dicoba dulu ya, pake rumus - rumus yang udah kita bahas sebelumnya 
Jawaban akan di posting beberapa hari ke depan.. (^ ^)v

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMK Murni 1 Surakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger