Pengertian Negosiasi
Arti
negosiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses tawar
menawar dengan jalan berunding untuk memberi atau menerima guna mencapai
kesepakatan bersama-sama satu pihak dan pihak lain. Dalam negosiasi jual beli
untuk mencapai kesepakatan seorang penjual di samping harus mempunyai
pengetahuan atas produk yang ditawarkan juga harus mengenal tipe-tipe dari
calon pelanggannya. Dengan demikian dapat lebih mudah memotivasi mereka
menuju kesepakatan dalam negosiasi jual beli.
Cara Memotivasi Calon Pelanggan Menuju
Kesepakatan Negosiasi Jual Beli
Cara-cara
memotivasi calon pelanggan menuju kesepakatan negosiasi jual beli :
- Memberikan penjelasan yang berbentuk sugesti tentang manfaat produk yang ditawarkan
- Meyakinkan calon pelanggan bahwa produk yang ditawarkan berkualitas baik dan harganya bersaing
- Mengetahui dan mengenal tipe calon pelanggan, antara lain :
A. Calon pelanggan yang banyak bicara
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah senantiasa mengarahkan pembicaraan ke
arah pembelian, jika sudah tercapai kesepakatan segera mengemas produk tsb.
B. Calon pelanggan yang mengetahui
segalanya
Cara
memotivasi tipe seperti ini tidak perlu membantah meskipun apa yang diketahuinya
tidak seluruhnya benar, beri penjelasan dengan tepat dan bijaksana sehingga
mengarah pada tercapainya kesepakatan.
C. Calon pelanggan yang tidak dapat
memutuskan
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah penjual harus berusaha mengarahkan perhatiannya
dan membantunya mengambil keputusan. Sesudah penjual menunjukkan berbagai
macam barang, segera singkirkan barang-barang yang tidak menarik
perhatiannya sehingga perhatiannya dipersempit dan mempermudahnya
mengambil keputusan.
D. Calon pelanggan yang teliti
Cara memotivasi tipe seperti ini adalah penjual memberikan
penjelasan yang rinci atas produk yang ditawarkan, melayaninya dengan
penuh kesabaran,setiap rincian penjelasan arahnya menuju kesepakatan bersama.
untuk selengkapnya bisa klik di sini
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !