Menanti Aplikasi DAPODIKMEN 2013

Kamis, 06 Februari 2014

"Penampakan" Aplikasi DAPODIKMEN


Apa itu Aplikasi Dapodikmen 2013.
Pembaca dari kalangan Operator Sekolah pasti sudah tidak asing lagi, tapi bagi Guru, Siswa, atau Khalayak umum mungkin belum mengetahui apa itu Aplikasi Dapodikmen 2013.

Perlu diketahui bahwa setiap instansi perlu adanya pendataan, baik pendataan karyawan beserta manajemen yang dilaksanakan. Begitu juga dengan sekolah, SMK Murni 1 Surakarta sudah lama menerapkan pendataan tersebut.

Dulu, pendataan baik Guru, Karyawan dan Siswa dilakukan dengan manual dan hasilnya dikirim langsung ke dinas. Namun dengan adanya perkembangan teknologi, pendataan pun mengalami perkembangan pesat, media komputer baik offline atau online mulai dipergunakan. Dan mau tidak mau, operator yang mengurusi pendataan baik offline maupun online diharapkan menguasai penggunaan komputer dengan baik. Tujuan dari Pendataan ini sangat jelas, dengan data yang lengkap (baik Guru, Karyawan atau Siswa) maka segala macam bantuan Siswa seperti BOS, BSM atau bantuan untuk sekolah lainnya akan menjadi lancar.

Kembali ke Aplikasi Dapodikmen 2013,
Pendataan Dikmen yang dulu bernama SIPO (SIstem Integrasi Pendataan Online) dikmen telah resmi menjadi DAPODIKMEN (Data Pokok Pendidikan Menengah). DAPODIKMEN saat ini masih bersifat sistem pendataan yang terintegrasi dengan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). Dimana setiap data yang dimasukkan ke dalam PAS akan disinkronkan (diupload) ke pendataan DAPODIKMEN.
Tapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa PAS akan ditutup dan DAPODIKMEN akan menjelma menjadi sebuah Aplikasi Pendataan menggantikan PAS. Banyak juga yang mengatakan bahwa DAPODIKMEN mempunyai sistem pendataan yang mirip dengan DAPODIKDAS (Jenjang Pendidikan Dasar).

Untuk sementara ini belum ada sosialisasi secara langsung ke tiap operator Sekolah, jadi saat ini Operator SMK Murni 1 Surakarta juga masih menunggu "Game Simulasi" DAPODIKMEN ini.. :D
just wait and see..
then when it comes.. Lets play the Game.. =)


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMK Murni 1 Surakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger