Penyakit Maag

Minggu, 12 Mei 2013


Penyakit Maag (dibaca Mah) merupakan penyakit yang lazim diderita setiap orang. Penyakit maag atau biasa dikenal dengan gastritis merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan pada lambung  yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung.
Penyakit maag adalah penyakit gangguan lambung yang disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung. Kelebihan asam lambung dalam waktu yang lama akan berakibat pada peradangan lambung dan usus.
Penyakit maag merupakan gejala penyakit akibat faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung,
Jenis-Jenis Maag
Berdasarkan tingkat keparahannya, Maag dapat dibedakan menjadi 3:
1. Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
2. Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
3. Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.

Penyebab Sakit Maag
Penyakit maag dapat disebabkan pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur seperti makan tidak teratur, makanan yang terlalu pedas dan berminyak, merokok, minuman kopi/alkohol, mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama  seperti aspirin, bahkan stres menjadi salah satu faktor penyebab maag. 

Gejala Sakit Maag
Penyakit maag dapat diketahui dari ciri-cirinya yaitu sering mengalami rasa nyeri dan perih pada lambung dan ulu hati, perut kembung jika terlambat makan  dan merasakan rasa nyeri pada perut sehabis makan, sering Mual dan kadang disertai muntah-muntah, sering sendawa, terutama jika dalam keadaan lapar, dan nafsu makan menurun, wajah pucat, keringat dingin, dan  kepala pusing.

Pengobatan Penyakit Maag
Sakit maag bisa datang kepada kita tanpa disadari sebelumnya. Meski terkesan penyakit yang tidak terlalu berat namun bukan berarti kita boleh meremehkan sakit maag. Penyakit maag yang dipicu oleh sakit pada lambung bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan sehingga bila tidak ditangani dengan tepat maka bisa saja akhirnya mengganggu tubuh secara keseluruhan bila sakit yang diderita pada lambung sudah tergolong kronis.

Obat Sakit Maag
Upaya yang paling bagus untuk mengatasi dan mencegah penyakit maag adalah makan tepat waktu yaitu secara teratur dan tidak berlebihan, pola hidup yang seimbang dan sehat, menjaga kebersihan, dan menghindari stres.
Adapun untuk mengobati sakit maag secara tradisional bisa menggunakan bahan-bahan herbal berikut: 

Obat Sakit Maag Pertama (Alpukat) 
Obat sakit maag yang pertama yaitu menggunakan Biji buah Alpukat. Untuk membuatnya, cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang, kemudian parut biji alpukat dan campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi, kemudian saring.

Aturan pakai obat maag:
- Sakit maag ringan, minum sari biji alpukat 1 kali sehari;
- Sakit maag kronis, minum sari biji alpukat 2 kali sehari, pagi dan sore, sampai sembuh.

Obat Sakit Maag Kedua (Kunyit)
Obat maag yang kedua menggunakan ramuan kunyit. Untuk membuatnya,  ambil 2 ruas kunyit, lalu dikupas dan bersihkan, kemudian parut kunyit, tambahkan air matang dan peras untuk mengambil sarinya.
Untuk aturan pemakaian, minum dua kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.
Itulah resep obat tradisional untuk mengatasi sakit maag, yang secara turun termurun telah diwariskan oleh leluhur kita. Semoga obat herbal penyakit maag ini bisa membantu anda yang sedang mengalami sakit maag, baik ringan, sedang ataupun maag kronis.

[Sumber]
Share this article :

4 komentar:

  1. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali dan saya baca informasinya relevan dengan blog saya punya obat alami maag

    BalasHapus
  2. kita memang harus hati - hati, terkadang penyakit maag bisa terjadi tanpa penyebab yang jelas.
    sayuran untuk penderita maag kronis

    BalasHapus
  3. Terimakasi Informasinya menambah pengetahuan yg bagus tentang asam lambung
    Jual Obat Asam Lambung Alami

    terimakasi sukses selalu

    BalasHapus
  4. Gak nyaman banget kalo kita kena maag.. perut sakit banget
    ini aku punyak tipsnya untuk mengobati maag tanpa obat

    https://maduternakwb.blogspot.com/2020/10/cara-ampuh-mengobati-maag.html

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SMK Murni 1 Surakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger